Cara Perawatan Mobil Matic

Lakukan Cara Merawat Mobil Matic Ini Biar Mobil Anda Awet

Lakukan Cara Merawat Mobil Matic Ini Biar Mobil Anda Awet

CARA PERAWATAN MOBIL MATIC

 

Cara Perawatan Mobil Matic Saat ini mobil bertransmisi otomatis atau yang biasa disebut dengan mobil matic telah banyak digemari oleh para konsumen Tanah Air. Selain sederhana, pengoperasiannya pun tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun, tahukah Anda jika ternyata ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh Anda. Nah, bagaimana cara merawat mobil matic?

cara merawat mobil matic
Sumber: biser3a.com

Cara Perawatan Mobil Matic Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan pertumbuhan ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan, khususnya di kota-kota besar di Indonesia tentu membuat mobil matic kian dibutuhkan. Namun, Anda juga harus tetap melakukan perawatan kepada mobil matic Anda agar mobil tetap awet dan performa tetap garang. Nah berikut ini adalah cara merawat mobil matic yang wajib Anda lakukan. Seperti dilansir laman showroommobil.co.id.

Cara Merawat Mobil Matic

  1. Lakukan Service

Service merupakan hal terpenting yang wajib Anda lakukan, bukan hanya kepada mobil matic saja, namun juga kepada mobil bertransmisi manual. Sebab kenyamanan serta keamanan dapat Anda dapatkan dengan melakukan service secara rutin. Khusus bagi mobil matic, service merupakan hal utama. Hal ini dikarenakan mobil matic membutuhkan up date, terutama dari sistem transmisi dan sistem keamanannya. Untuk itu, selalu lakukan service secara berkala kepada mobil matic Anda agar tidak ketinggalan jaman.

  1. Ganti Oli Mesin

Selain service mobil, Anda juga tentu wajib mengganti oli mesin. Penting bagi Anda untuk selalu mengganti oli mesin mobil matic Anda agar tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Lakukan pergantian oli mesin secara berkala, rutin dan teratur.

Baca Juga: 3 Proses yang Harus dikenali Pengendara Mobil Matic Pemula

  1. Ganti Oli Transmisi

Dalam merawat mobil matic, wajib hukumnya untuk memelihara keadaan oli transmisi otomatisnya. Gantilah oli transmisi mobil matic Anda secara berkala dan teratur, terutama jika telah berjalan sejauh minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km. Anda dapat memakai pelumas transmisi yang memang sudah dianjurkan oleh produsen mobil matic Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan dalam memilih oli transmisi matic tergantung dari pemakaian kendaraan Anda.

  1. pengecekan Valve dan Oli Transmisi

Masalah yang seringkali dialami oleh mobil matic adalah pada gasket transmisinya, seperti terjadinya kebocoran dan kerusakan pada gasket transmisi. Karena itu, Anda supaya mengecek secara rutin gasket transmisinya. Selain itu, Valve pada mobil matic juga acap kali mengalami masalah, seperti terjadinya kerusakan dan kebocoran karena terjadinya pemindahan tuas yang keras serta sentakan gas yang cukup kuat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Merawat Mobil Baru?

  1. Ganti Oli Tranmisi Saat Terkena Banjir

Jika Anda mengalami kondisi dimana tidak dapat menghindari bencana seperti banjir atau hujan deras, maka sebaiknya Anda mengganti oli transmisinya. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan, sebab hujan deras atau banjir yang besar dapat masuk ke dalam gearbox sehingga membuat gear atau transmisi mobil menjadi macet.

  1. Cek Kinerja Transmisi

Jika Anda ingin perjalanan Anda nyaman dengan menggunakan mobil matic, sebaiknya Anda mengecek kinerja transmisi mobil tersebut. Caranya mudah, Anda cukup menempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R, lalu lepaslah rem mobil tersebut. Jika mobil langsung bergerak, berarti tidak ada masalah pada sistem transmisi mobil matic Anda.

Itulah beberapa cara merawat mobil matic Anda agar tetap awet dan mempunyai performa yang garang. Alangkah baiknya ketika Anda membeli mobil matic, Anda membaca dan memperhatikan buku panduan mobil tersebut sehingga Anda dapat mengetahui cara perawatannya dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber Informasi :  otomart.id

Phone Call
Whasapp
Scroll to Top